Minggu, 16 Agustus 2015

Sulam Dang Asa

Share & Comment
Sulam adalah salah satu ciri khas UKM di Pekon Suka Negeri jaya. Bordir Sulam milik Dang Asa adalah salah satu lokasi pembuatan UKM Sulam. Berikut adalah contoh hasil Bordir Sulam Dang Asa :



Suka Negeri Jaya Suka Negeri Jaya Suka Negeri Jaya Suka Negeri Jaya

Penjelasan Sulam

Bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logammutiaramanik-manikbulu burung, dan payet.
Di antara jenis tusukan yang umum dikenal dalam menyulam adalah tusuk rantaitusuk jelujurtusuk kelim, dan tusuk silang. Selain dijahit dengan tangan, sulaman dibuat dengan mesin jahit dan Mesin Bordir komputer.
Kain dan benang yang dipakai untuk seni bordir berbeda-beda menurut tempat dan negara. Sejak ribuan tahun yang lalu, kain atau bedang dari wollinen, dan sutra sudah dipakai untuk membuat sulaman. Selain benang dari wol, linen, dan sutra, sulaman modern menggunakan benang sulam dari katun atau rayon.
Sulam pita adalah sulaman yang menggunakan pita berbagai ukuran dan bahan untuk membuat motif-motif bunga. Pita memberi efek tiga dimensi karena ukuran pita lebih besar dari benang. Hasil sulaman pita juga lebih dekoratif karena bahan pita yang lebih beragam.

Sumber : Wikipedia

Namun, Sulam milik Dang Asa memiliki ciri khas disamping itu semua. Sulam milik Dang Asa lebih menarik pusat perhatian pembeli atau pemesan melalui hasil karya yang lebih menunjukan karakter Tapis. Apa itu Tapis? Tapis adalah jenis seni jahit yang ada di Lampung. Sulam milik Dang Asa tidak membuat baju ataupun pakaian lain nya. Mereka hanya membuat Aksesoris Rumah seperti; Hordeng, Sarung Galon, Sarung Bantal, Taplak Meja, dan berbagai jenis Aksesoris Rumah lainnya. Oleh karena itu, Sulam milik Dang Asa menjadi Usaha Kecil Menengah yang menjadi sorotan pelanggan dari Kota maupun Desa lainnya.
Tags: ,

Ditulis Oleh

Di Desain oleh peserta PKPM Kampus IBI Darmajaya tahun 2015. RRS

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Quote

Suatu kebanggaan bagi kami di undang oleh masyarakat. Jadi kalau pejabat itu di undang oleh masyarakat, bukan masyarakatnya yang senang. Sebenarnya yang harus senang itu adalah pejabatnya. Klo Bupati diundang masyarakat, Bupatinya yang musti senang. Kenapa? Artinya masyarakat itu masih mencintai Bu..pa....ti...nya....

Bambang Kurniawan, ST. (Bupati Tanggamus)

Tiap desa menjadi dekat oleh persaudaraan, tiap kota menjadi rapat oleh persahabatan, tiap jiwa menjadi akrab oleh persefahaman.

- Imlan Adabi

Recent Posts

Pekon Sukanegeri Jaya

Copyright © Desa Sukanegeri Jaya | Designed by Templateism.com Edited By Ramanda Rido Saputra